BNPB Keluarkan Peringatan Waspada Aktivitas Dua Gunung di Halmahera

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Dua gunung di Halmahera, Maluku Utara yakni Gunung Dukuno dan Gunung Ibu kini sedang tidak ramah. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengeluarkan peringatan agar waspada karena kedua gunung terus mengalami erupsi sejak mulai Selasa 30 April 2019 sampai Rabu 1 Mei 2019.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebut status Gunung Dukono masih berada pada Level II ‘Waspada’, dengan erupsi yang terjadi terus-menerus.

“Masyarakat di sekitar Gunung Dukono dan pengunjung atau wisatawan agar tidak beraktivitas dan mendekati kawah Walupang Marirang dalam radius 2 kilometer,” ujar Sutopo.

Visual gunung tersebut menunjukkan api yang terlihat jelas lalu tertutup kabut. Asap kawah teramati setinggi 200 meter berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal.

Sementara Gunung Ibu, kini mengalami tingkat aktivita Level II ‘Waspada. Gunung Ibu sudah mengalami erupsi yang tak berhenti sejak 2008 lalu.

Melalui seismograf tanggal 30 April 2019, dia menambahkan, tercatat 97 kali gempa letusan, 21 kali gempa guguran, 75 kali gempa hembusan, dan 68 kali tremor harmonik.  “Rekomendasinya masyarakat di sekitar Gunung Ibu dan pengunjung/wisatawan agar tidak beraktivitas, mendaki, dan mendekati di dalam radius 2 km, dan perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer ke arah bukaan di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu,” katanya.

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini