Ilustrasi banjir bandang di Puncak Bogor
Ilustrasi banjir bandang di Puncak Bogor

MATA INDONESIA, BOGOR – Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Perencanaan BNPB Raditya Jati hujan yang berintensitas tinggi disertai longsoran menjadi salah satu penyebab utama banjir bandang di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mengemukakan bahwa kondisi di lapangan saat ini masih belum kondusif. Banjir susulan bisa saja terjadi.

“Kondisi di lokasi saat ini masih belum kondusif. Banjir susulan masih terjadi pada pukul 12:05 WIB,” kata Raditya dikutip dari Tirto pada Selasa 19 Januari 2021.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat bahwa tiga hari kedepan , wilayah kota Bogor dan sekitarnya masih berpotensi mengalami hujan lebat.

Maka BNPB terus mengimbau kepada warga untuk tetap waspada terhadap musim hukan yang diperkirakan berlangsung hingga Februari 2021.

Selain itu upaya deteksi dini patut dioptimalkan agar warga bisa segera menyelamatkan diri sebelum banjir bandang menghampiri pemukiman.

Warga juga diimbau untuk aktif memantau prakiraan cuaca dan iklim di wilayahnya melalui laman BMKG sebagai upaya antisipasi untuk diri sendiri.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here