BNPB: 2.524 Bencana Terjadi di Indonesia Sepanjang 2019

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Indonesia sudah terkenal sebagai salah satu negara paling rawan bencana. Bahkan, sepanjang Januari hingga Agustus 2019 ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat terjadi 2.524 bencana di Tanah Air.

Akibat ribuan bencana itu, dalam data BNPB, sebanyak 402 orang dinyatakan meninggal dunia, sedangkan 27 orang belum ditemukan alias hilang.

Sepanjang Agustus 2019 ini, sebanyak 1.640 orang luka-luka akibat bencana gempa bumi. Sementara total pengungsi akibat gempa tercatat masih cukup besar, yakni 3.464.347 jiwa.

“Paling banyak korban jiwa pada Agustus ini, yakni bencana gempa bumi di Banten,” ujar Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo di Jakarta, Jumat 30 Agustus 2019.

Agus mengungkapkan bahwa lebih 98 persen bencana adalah jenis hidrometeorologi. Tak hanya itu, bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) juga masih menghantui Indonesia sampai hari ini, terutama terjadi di Sumatera dan Kalimantan.

 

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini