BMKG: Waspada! Seminggu ke Depan Pulau Jawa-Sumut Dilanda Hujan Lebat

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi beberapa wilayah di pulau jawa hingga sumatera berpotensi hujan lebat selama seminggu kedepan.

“Hujan lebat terjadi sampai 10 April atau kurang-lebih satu minggu ke depan, di beberapa wilayah, misalnya Aceh, Sumut, Bengkulu, sampai ke Sumbar, Lampung, kemudian di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, di sebagian wilayah itu,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Gedung A Kantor BMKG, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat 5 April 2019.

Dwikorita menjelaskan intensitas curah hujan tinggi ini akibat belokan arah angin dari dua arah berbeda, baik dari Pasifik maupun dari arah Asia. Tabrakan arah angin itu ada di sekitar Pulau Sumatera, yang menyebabkan berkurangnya kecepatan angin.

“Di situ terjadi pembentukan awan secara intensif, yang akhirnya nanti turun sebagai hujan,” katanya.

Meski demikian, karena April sudah masuk bulan musim kemarau, masih ada wilayah yang berpotensi mengalami kebakaran hutan. Dari pengamatan BMKG, bagian pesisir pantai sebelah barat di Sumatera sangat rentan mengalami kebakaran hutan dan lahan.

“Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, sebagian wilayahnya potensi hujan lebat, tetapi bagian pantai, ini potensi kebakaran hutan. Jadi bertetanggaan tapi kontradiksi satu wilayah. Itu juga terjadi di Kalbar, sebagian Sulawesi, Sulteng, Sultra, dan Sulut. Mulai April, potensi terbakar, jadi belum terbakar, tapi diperkirakan sangat mudah terbakar,” katanya.

Masuk 8 April, diperkirakan Jawa Timur, jadi potensi terbakarnya lahan bergeser dari Sumatera ke arah Jawa Timur ke arah Nusa Tenggara. Kalimantan Utara masih berpotensi terbakar. Istilah bahasa Jawanya awet ya, sampai 9 April masih potensi terbakar. Baru mulai mereda setelah 10 April. Ini prediksi untuk satu minggu ke depan.

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini