BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem di Wilayah Timur Indonesia

Baca Juga

MINEWS, MANADO – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah, pada Senin 17 Juni 2019.

Cuaca ekstrem tersebut berpotensi terjadi di wilayah Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Waspada potensi hujan lebat disertai petir di sejumlah wilayah,” kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Carisz Kainama, Minggu 16 Juni 2019.

Sementara hujan lokal dan hujan sedang berpotensi terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Airmadidi (Kabupaten Minahasa Utara), dan Tondano (Kabupaten Minahasa).

Selanjutnya, Lolak (Kabupaten Bolaang Mongondow), Ondong Siau (Kabupaten Kepulauan Sitaro), dan Melonguane (Kabupaten Kepulauan Talaud).

“Kecepatan angin permukaan yang bertiup dari arah tenggara hingga barat berkisar antara 10-20 kilometer per jam,” kata Carisz.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Maritim Bitung Ricky D Aror menambahkan, ketinggian gelombang diperkirakan terjadi hingga 2,5 meter.

Sedangkan tinggi gelombang laut Sulawesi dan perairan Utara Sulut mencapai 0,5-1,25 meter, perairan Selatan Sulut berkisar antara 1,0-2,0 meter. Kemudian untuk perairan Kepulauan Sangihe, perairan Kepulauan Talaud, dan Laut Maluku berkisar antara 1,25-2,5 meter.

BMKG, kata dia, pun sudah mengeluarkan peringatan dini gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di perairan Kepulauan Sangihe, perairan Kepulauan Talaud, perairan Timur Bitung, perairan Selatan Sulut, dan Laut Maluku.

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini