BMKG: Seminggu ke Depan Cuaca Ekstrem Masih Berlanjut, Ini Penyebabnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih mengalami cuaca ekstrem karena masih memasuki musim hujan.

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto mengatakan kondisi saat ini telah diprediksi sejak Agustus tahun lalu. Puncak musim hujan Januari-Februari 2021 terjadi di sebagian Sumatera bagian selatan, sebagian besar Jawa termasuk DKI Jakarta, sebagian Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, sebagian Sulawesi, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat dan bagian selatan Papua.

Analisis BMKG menunjukkan, kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan masih dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Menurut Guswanto, hal ini disebabkan munculnya pusat tekanan rendah di sekitar wilayah Australia. Selain itu munculnya sirkulasi siklonik di sekitar wilayah utara Indonesia. Keduanya mempengaruhi pola arah dan kecepatan angin yang meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Indonesia.

“Kondisi labilitas atmosfer yang kuat di sebagian wilayah Indonesia turut berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan awan hujan dalam skala lokal,” katanya.

Berdasarkan kondisi-kondisi tersebut, BMKG memperkirakan dalam periode sepekan ke depan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di beberapa wilayah.

Di antaranya adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Wilayah lainnya, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Serta Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

“Sementara itu berdasarkan analisis terintegrasi dari data BMKG, PUPR dan BIG, perlu diwaspadai ada daerah yang diprediksi berpotensi banjir kategori menengah pada Dasarian II Februari sepuluh hari ke-2 di bulan Februari 2021,” kata Guswanto.

Wilayah itu di antaranya sebagian kecil Aceh bagian selatan, sebagian kecil Jambi bagian tengah, sebagian kecil Jawa Barat bagian timur, sebagian Jawa Tengah bagian utara, dan sebagian kecil Jawa Timur bagian timur.

Termasuk sebagian kecil Sulawesi Tengah bagian selatan, Sulawesi Selatan bagian utara, Sulawesi Tenggara bagian utara, sebagian kecil Papua Barat bagian timur dan sebagian kecil Papua bagian utara dan tengah.

Khusus pada periode 10-11 Februari 2021, potensi dampak banjir atau banjir bandang dengan status siaga adalah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Perkiraan ini dibuat BMKG berbasis dampak (Impact Based Forecast – IBF).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini