BMKG: Selama Januari 2020 Gempa Guncang Indonesia 518 Kali

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Badan Meteorologo, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis bahwa selama Januari 2020, Indonesia diguncang gempa hingga 581 kali.

“Jadi selama bulan Januari 2020 kita mencatat ada 518 aktivitas gempa. Dari berbagai magnitundo dan kedalaman,” kata epala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

Dia menyebut, jumlah tersebut sudah mengalami penurunan bila dibandingkan pada Desember 2019 yang mencapai 691 gempa. Kendati begitu, gempa yang terjadi pada awal tahun 2020 ini didominasi skala kecil atau kurang dari 5,0 skala richter.

Selain itu, pada Februari 2020 potensi gempa juga masih terus diwaspadai terutama di pulau Nias, Bengkulu, Lombok, Laut Bandang, Laut Maluku, dan Selat Sunda.

Sebelumnya, ada dua gempa yang mengguncang wilayah Indonesia hari ini, Jumat 31 Januari 2020. Hingga pukul 21.00 WIB, lindu pertama terjadi di Kelurahan Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat.

BMKG menginformasikan gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,0 di Tuapejat terjadi Jumat dini hari, pukul 04:53:05 WIB.

Sore harinya, giliran Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan yang digoyang lindu. Belum ada informasi terkait potensi tsunami dan kerusakan infrastruktur yang ditimbulkan.

Namun, gempa dirasakan hingga Kabupaten Kepahiang, Lubuklinggau, Curup, dan Bengkulu. Lindu terjadi pada pukul 18:55:58 WIB.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini