BMKG Sebut Hujan Lebat Bakal Turun di Sejumlah Provinsi, Ini Daftarnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAHujan lebat diperkirakan terjadi pada 30 November 2020 ini di sejumlah provinsi Indonesia.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat itu akan terjadi di sebagian Maluku, Maluku Utara (Malut), Papua dan Papua Barat.

Sedangkan beberapa wilayah di Maluku dan Papua secara umum cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Hujan lebat juga bisa terjadi di sebagian wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Sementara, sebagian lainnya dan Bali secara umum cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Sedangkan, Pulau Sumatera secara umum diperkirakan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan. Namun, sebagian Aceh bagian selatan, Jambi dan Sumatera Selatan (Sumsel) berpotensi hujan sedang.

Selanjutnya, BMKG juga mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat di sebagian wilayah Jawa Barat (Jabar) bagian timur, Jawa Tengah (Jateng), Yogyakarta dan Jawa Timur (Jatim).

Namun, cuaca Pulau Jawa secara umum diperkirakan akan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Ada pun Pulau Kalimantan juga secara umum diprediksi akan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan. Namun, sebagian wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara) berpotensi hujan sedang.

Sementara itu, hujan sedang hingga lebat diprediksi akan terjadi di sebagian wilayah Sulawesi Utara (Sulut), Gorontalo, Sulawesi Tengah (Sulteng), Sulawesi Tenggara (Sultra) bagian utara dan Sulawesi Selatan (Sulsel), meski wilayah Sulawesi secara umum diperkirakan akan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Untuk itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat yang wilayahnya diprediksi akan mengalami hujan lebat untuk berhati-hati saat akan menjalankan aktivitas di luar rumah pada Senin ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini