BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Sejumlah Daerah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Siklon Tropis Seroja diprediksi sudah bergerak menjauhi wilayah Indonesia menuju ke Samudera Hindia sebelah barat Australia.

Namun, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengingatkan bahwa sebagian wilayah Indonesia bakal mendapat pengaruh tidak langsung dari siklon tropis seroja.

“Pusat dari siklon pada saat ini 7 April 2021 ini sudah berada cukup jauh di bagian barat Australia dan akan terlihat nanti. Kami memprediksi setelah tanggal 7 yaitu 8 dan 9, pengaruh Siklon Seroja ini sudah semakin melemah,” kata Dwikorita dalam konferensi pers virtual, Rabu 7 April 2021.

Menjauhnya Siklon Seroja yang bergerak ke bagian barat daya itu tetap berpotensi memicu hujan di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB). Bukan hanya itu, Dwikorita juga mengingatkan warga NTB dan Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali untuk waspada terhadap cuaca ekstrem dampak dari Siklon Seroja ini.

Daerah-daerah itu diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat petir angin kencang.

Sementara itu, cuaca di wilayah NTT diprediksi bakal membaik atau dilanda hujan dengan intensitas sedang dalam dua hari ke depan.

“NTT intensitas hujannya sudah mulai menurun, sebelumnya kan hujan sangat lebat. Jadi perlu kewaspadaan untuk wilayah Bali, termasuk juga Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, Yogyakarta dan Jawa Tengah dari pengaruh tidak langsung dari Siklon Seroja,” katanya.

Walaupun Siklon Seroja semakin menjauh, namun kata Dwikorita, hal itu tetap akan berdampak terhadap tingginya gelombang yang bisa mencapai ketinggian 2,5-4 meter.

Tingginya gelombang itu berpeluang terjadi di perairan selatan Pulau Jawa hingga Nusa Tenggara Barat, di selatan Samudera Hindia Pulau Jawa hingga Bali, dan di perairan selatan Pulau Sumba hingga Pulau Rote.

Sementara itu, gelombang tinggi 4-6 meter juga berpeluang terjadi di perairan selatan NTB hingga selatan Pulau Sumba.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini