BMKG Beri Peringatan Dini Banjir di DKI Jakarta

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Peringatan untuk warga Jakarta dan sekitarnya. Hari ini, Senin 8 Februari dan Selasa 9 Februari 2021, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini soal potensi hujan lebat.

Hujan diprediksi bisa mengakibatkan banjir atau banjir bandang di sejumlah wilayah, termasuk Jakarta yang berstatus siaga 3 atau waspada hingga pukul 02.00. Senin dini hari 8 Februari 2021.

Berdasarkan keterangan dari BMKG di wilayah Jabodetabek, terdapat 6 wilayah yang siaga banjir. Keenam wilayah tersebut adalah Jakarta Utara, Jakarta Barat, Kota Tangerang, Tangerang, Depok, dan Bogor.

banjir terparah dan sempat melumpuhkan Jakarta terjadi pada 1 hingga 2 Februari 2007. Saat itu sebagian besar wilayah Ibukota lumpuh.

Luas area terdampak pada banjir Jakarta awal 2007 itu adalah 455 kilometer persegi atau sekitar 70 persen dari total wilayah Ibu kota. Selain itu, bencana ini memakan jumlah korban jiwa terbanyak, yaitu 48 orang tewas dan 276.333 orang harus mengungsi dari tempat tinggal mereka yang terendam air.

Akibat banyaknya jiwa yang mengungsi, beberapa ruas jalan tol pun dibuka sebagai lokasi pengungsian mendadak. Di antara ruas jalan tol yang digunakan adalah ruas Pluit-Tanjung Priok, Jakarta Utara.

 

Waktu pemulihan yang diperlukan sebelum aktivitas warga bisa dapat berlangsung normal kembali adalah 10 hari. Banjir besar yang terjadi di Jakarta pada Februari 2007 ini merendam 156 km persegi wilayah Ibukota.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini