BLT Pemerintah Gak Masuk-masuk ke Rekeningmu, Nih Penyebabnya!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) bakal menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) tahap II akhir pekan ini. Bantuan berupa subsidi gaji ini diprioritaskan bagi pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah mengatakan penerima bantuan tahap II tersebut sebanyak 12,4 juta pekerja dan sampai ke rekening masing-masing setelah data dinyatakan clear and clean.

“Mudah-mudahan hari ini bisa diserahkan kepada Kemenaker (data dari BPJS Ketenagakerjaan). Setelah datanya clear and clean kami akan meneruskan proses selanjutnya dan akan di transfer ke para pekerja,” ujarnya dalam keterangan resminya, Jumat 6 November 2020.

Meski demikian, ada 3 penyebab kalau BLT tersebut tak akan sampai rekening para pekerja. Hal ini sudah pernah disampaikan oleh Ida beberapa waktu lalu.

Pertama, sang pekerja belum terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Kewajiban penerima sebagai peserta jaminas sosial dimaksudkan untuk memudahkan pengumpulan rekening dan verifikasi data.

Kedua, perusahaan tempat bekerja belum mendaftarkan nomor rekening pekerja ke BPJS Ketenagakerjaan.

Ketiga, permasalahan dalam rekening pekerja yang didaftarkan. Misalnya, masih dalam proses verifikasi. Dalam hal ini biasanya penerima gagal mendapatkan BLT karena rekening yang digunakan adalah rekening biru atau yang biasa dipakai nasabah untuk meminjam dana dari bank.

Masalah rekening lainnya yang menyebabkan kegagalan pencairan bantuan adalah rekening duplikasi, rekening tidak aktif, rekening diblokir, hingga rekening yang tak sesuai dengan nama calon penerima subsidi gaji di Nomor Induk Kepesertaan (NIK) BP Jamsostek.

Di luar verifikasi tersebut, Ida menjelaskan bahwa penyaluran tahap II ini berbeda dengan tahap sebelumnya. Pasalnya, penyalurannya harus didasarkan atas rekomendasi dari KPK.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini