BIN: Ada Peran Penting BG Pertemukan Jokowi-Prabowo di MRT

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Pertemuan dua tokoh nasional yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto, kemarin di MRT digagas oleh Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Budi Gunawan (BG).

Juru bicara BIN, Wawan Hari Purwanto, menjelaskan BG ambil bagian dalam pertemuan itu karena salah satu tugas BIN adalah menjaga keutuhan NKRI. Sebabnya, menurut Wawan, BG ingin masyarakat tidak berkonflik dan persatuan tetap terjaga.

“BIN menjaga keutuhan NKRI sudah menjadi tugas dan kewajibannya, sehingga apapun supaya Indonesia tetap terayomi masyarakatnya, tidak berkonflik dan tetap ukhuwah terjaga, serta menghincari ancaman. Ancaman itu dikemas sedemikian rupa sehingga bisa dinetralisir menjadi faktor pendukung kuat dari keberlangsung tegaknya negara ini,” kata Wawan, Sabtu 13 Juli 2019.

Wawan menyebut Jokowi dan Prabowo merupakan sahabat yang berkompetisi dalam Pilpres 2019. Sehingga, keduanya harus disatukan kembali usai Pilpres 2019 agar masyarakat juga tidak terpecah.

“Bagaimana menyatukan kembali selama ini seperti terbelah karena kontestasi hanya dua, sehingga seolah-olah bumi terbelah. Oleh karena itu perlu ada langkah-langkah ini bertemunya beliau berdua otomatis,” katanya.

Selain itu, BIN juga berharap pertemuan Jokowi-Prabowo bisa meredakan ketegangan para pendukung kedua kubu. Pertemuan keduanya diharap bisa menjadi contoh bagi para pendukungnya.

“Masalah kita ini kan patrialistik, bisa meniru kalau di atas seperti itu, di bawah itu akan menyadari kondisi untuk mencontoh sehingga ketegangan selama ini terjadi diakhiri, jadi happy ending lah,” katanya.

Wawan juga menyebut pertemuan Jokowi-Prabowo sudah direncanakan jauh hari oleh BIN, ataupun BG pada khususnya. Namun, pertemuan ini tertunda karena pihak Prabowo-Sandiaga masih mengambil langkah hukum di Mahkamah Kontitusi (MK) dan Bawaslu.

Sebelumnya, BG memang tampak berada di lokasi pertemuan Jokowi-Prabowo di Stasiun MRT Lebak Bulus. BG juga tampak menemani Prabowo saat tiba di Stasiun MRT lebih dulu dibanding Jokowi.

Peranan BG ini juga disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Seskab Pramono Anung. BG, kata Pramono, bekerja tanpa suara. “Pak Budi Gunawan Kepala BIN. Beliau bekerja tanpa ada suara. Dan alhamdulillah yang dikerjakan hari ini tercapai,” katanya.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini