Biden Akan Tetap Mempertahankan Dua “Warisan” Trump di Israel

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih, Joe Biden akan tetap mempertahankan “warisan” pendahulunya, Donald Trump, dengan menganggap Yerussalem sebagai ibu kota Israel. Biden juga dipastikan takkan memindahkan kantor kedutaan besar AS dari Tel Aviv ke Yerussalem.

Hal ini ditegaskan oleh calon Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken. Di tanya pada sidang konfirmasi oleh Senator, Ted Cruz, Blinken tanpa ragu mengatakan bahwa AS di bawah pemerintahan Biden akan tetap melanjutkan dua warisan Donald Trump yang selangkah lagi meninggalkan Gedung Putih.

Tahun 2017, Presiden Trump menentang konsensus internasional dan mengakui Yerussalem sebagai ibu kota Israel, terlepas dari klaim Palestina atas kota suci yang merupakan kota tiga agama dan telah lama diperebutkan Israel – Palestina. Kini Yerussalem di mata dunia berada dalam status quo.

Blinken mengindikasikan bahwa Biden akan berusaha lebih keras untuk mewujudkan pembentukan negara Palestina. Namun, ia mengakui akan menghadapi berbagai kesulitan.

“Satu-satunya cara untuk memastikan masa depan Israel sebagai negara Yahudi yang demokratis dan memberikan Palestina sebuah negara yang menjadi hak mereka adalah melalui apa yang disebut sebagai solusi dua negara,” kata Blinken, melansir AFP.

“Saya pikir secara realistis sulit untuk melihat prospek jangka pendek untuk bergerak maju dengan itu. Yang terpenting adalah memastikan bahwa tidak ada pihak yang mengambil langkah-langkah yang membuat proses yang sudah sulit menjadi lebih menantang,” sambungnya.

Pemerintahan Trump telah menyuarakan dukungan umum untuk negara Palestina, tetapi mengatakan hal tersebut harus didemiliterisasi dan tidak menempatkan Yerussalem sebagai ibu kota Palestina.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini