BI: Optimisme Konsumen Berada di Level 121,7

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) memprediksi optimisme konsumen tetap terjaga. Berdasarkan Survei Konsumen BI pada Januari 2020, hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang tetap berada pada level optimistis (di atas 100) yakni 121,7.

Level optimistis tersebut lebih rendah dibandingkan dengan Desember 2019 sebesar 126,4. “Optimisme konsumen yang tetap terjaga tersebut terjadi pada seluruh kelompok pengeluaran,” kata Departemen Komunikasi BI dalam info terbarunya di Jakarta, Kamis 6 Februari 2020.

Sementara untuk persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi terhadap kondisi ekonomi ke depan, menopang optimisme konsumen tetap terjaga.

Konsumen memandang positif kondisi ekonomi saat ini terutama dari kondisi penghasilan dan pembelian barang tahan lama. Di samping itu, konsumen tetap berekspektasi positif terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan kegiatan usaha pada enam bulan mendatang.

Menurut BI, konsumen memprakirakan tekanan kenaikan harga pada 12 bulan mendatang (Januari 2021) meningkat.  Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga 12 bulan yang akan datang meningkat dibandingkan dengan indeks pada bulan sebelumnya.

“Peningkatan tekanan harga tersebut dipengaruhi oleh permintaan yang diprakirakan lebih tinggi pada tahun depan,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini