BI: Habis Corona, Terbitlah Perbaikan Ekonomi di Semester II 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Meski virus corona masih menghantui sejumlah negara, Bank Indonesia (BI) optimistis perbaikan ekonomi akan terjadi pada semester kedua 2020. Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo pun tak menutup mata jika ekonomi nasional jangka pendek memang terganggu akibat mewabahnya Covid-19 di sejumlah negara.

“Perbaikannya akan terjadi di semester ke dua. Yang penting optimisme bisa tetap terjaga,” kata Dody di Batam, Kepulauan Riau, Jumat 28 Februari 2020.

Dody menambahkan, ekonomi akan pulih setelah masa inkubasi selama dua bulan. Ditambah proses perbaikan selama empat bulan selanjutnya.

Selanjutnya dalam enam bulan ekonomi Indonesia diperkirakan akan melambat. “Dan diprediksi akan membaik pada semester ke dua,” kata dia.

Namun menurut dia, yang terpenting bagi Indonesia adalah bagaimana mengatasi ekonomi jangka pendek, baik pemerintah dan BI dari sektor keuangan, bersama OJK. Pada pekan lalu, lanjut dia, BI mengeluarkan stimulus dari sisi moneter, dengan menurunkan suku bunga dari level 5 persen sekarang 4,75 persen.

“Jadi kita harapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lebih terjaga dan perbankan tetap lending dan memberikan pinjaman. Kita harapkan sisi permintaan bisa tetap tumbuh,” kata dia.

Pemerintah juga membuat kebijakan mempercepat belanja pemerintah dan mendorong sektor pariwisata dengan memberikan sejumlah insentif. Sedangkan dari jangka panjang, pemerintah mesti menjaga investasi, satu di antaranya melalui omnibus law terkait cipta kerja dan perpajakan akan membantu sektor riil .

Pun ia menyarankan pemerintah daerah agar tidak panik, harus menjaga kepercayaan masyarakat sehingga bisa tetap belanja. “Kita berasumsi bahwa pendapatan masyarakat tak ada masalah, income masih diperoleh. Kalau itu terjaga saya kira masyarakat tetap mau belanja,” kata dia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini