Berusaha Kabur, 400 Teroris ISIS Malah Tertangkap

Baca Juga

MINEWS, INTERNASIONAL – Pasukan Demokratik Suriah (SDF) bersama pasukan gabungan dari AS berhasil menangkap sekitar 400 orang militan dari kelompok teroris ISIS di Baghuz, Suriah.

Mengutip BBC, Rabu 7 Maret 2019, ratusan teroris itu ditangkap saat akan kabur pada malam hari dari wilayah kantong terakhirnya di kota tersebut. Saat menyelinap keluar dengan bantuan penyelundup, anggota-anggota ISIS itu terciduk.

Sebelumnya, ratusan militan ISIS sudah menyatakan menyerah dan dievakuasi dari desa bersama ribuan warga sipil lainnya selama beberapa hari terakhir.

Menyerahnya sebagian besar pendukung ISIS disebabkan AS dan SDF terus menggempur wilayah terakhir mereka dengan bom yang jatuh bertubi-tubi.

Pihak militer gabungan meyakini, tak lama lagi Baghuz akan bersih dari ISIS, yang sejak 2014 lalu menancapkan cakar penjajahannya di tanah seluas 88.000 km persegi itu.

Selama beberapa tahun, ISIS telah memberlakukan aturan brutal pada hampir 8 juta orang di sekitar wilayah tersebut, termasuk menghasilkan miliaran dolar dari hasil menjual minyak secara ilegal, pemerasan, perampokan, penculikan.\

Kini, kabar terbaru dari militer gabungan menyebut, wilayah ISIS hanya tersisa beberapa ratus meter persegi di dekat perbatasan Suriah dan Irak.

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini