Berubah Jadi Masjid, Gli Si Kucing Tetap Tinggal di Hagia Sophia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Berubah fungsinya Hagia Sophia di Istanbul, Turki dari museum menjadi masjid kembali memang sempat menuai penolakan. Namun, kali ini hal itu sudah mulai reda setelah dilakukan salat jumat perdana disana.

Ada yang menarik ketika membahas Hagia Sophia, bukan hanya bangunannya saja, namun keberadaan sang penghuni tetap yakni seekor kucing loreng abu-abu bernama Gli.

Gli sangat populer, bahkan ketenarannya sama dengan rumahnya. Dia punya banyak penggemar, mulai dari orang biasa sampai mantan pemimpin dunia Barack Obama yang pernah menjadi Presiden Amerika Serikat.

Keputusan mengubah fungsi Hagia Sophia dari museum kembali menjadi masjid membuat para penggemar Gli khawatir. Mereka takut jika sampai kucing itu diusir dari Hagia Sophia.

Kekhawatiran itu akhirnya dijawab oleh otoritas Turki. Mereka menyatakan Gli akan tetap menjadi penghuni Hagia Sophia. Juru bicara kepresiden Turki, Ibrahim Kalin, menyatakan Gli, juga semua kucing lain akan tetap tinggal di Hagia Sophia.

“Kucing itu akan tetap di sana, demikian pula seluruh kucing disambut baik di masjid kami,” ujar Kalin, dikutip dari Daily Sabah.

Gubernur Istanbul, Ali Yerlikaya, juga membagikan unggahan terkait dengan Gli. “Kucing ini cukup nyaman dengan hidupnya. Jangan khawatir,” cuit Yerlikaya,

Hal ini menjadi kabar baik bagi Umut Bahceci, pemandu wisata yang membuatkan akun Instagram untuk Gli empat tahun lalu. Kini, Gli punya 48.000 penggemar.

“Saya mulai memperhatikan Gli setiap kali saya pergi ke Hagia Sophia karena Gli akan berpose seperti model di hadapan orang-orang,” kata Bahceci.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini