Berminat Masuk Sekolah Kedinasan? Daftar Disini…

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tak usah khawatir tak lolos di SNMPTN ataupun SBMPTN. Sekolah Kedinasan milik pemerintah juga sudah mulai membuka pendaftaran.

Kali ini pendaftaran sekolah kedinasan dilakukan menggunakan satu portal terintegrasi yakni portal Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana mengatakan pendaftaran melalui SSCASN untuk mempermudah peserta dalam melakukan proses pendaftaran.

“Kami telah melakukan peningkatan fitur SSCASN yang mempermudah peserta dalam melakukan proses pendaftaran,” ujar Bima di Jakarta, Sabtu 27 Maret 2021.

Dia menyebut, selain pendaftaran sekolah kedinasan, portal itu juga digunakan untuk pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Dia juga mengatakan dengan peningkatan fitur SSCASN, peserta seleksi ASN tidak perlu mengunggah sejumlah dokumen, seperti ijazah, Surat Tanda Registrasi (STR), serta Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) pada saat melakukan pendaftaran.

Portal SSCASN akan terintegrasi dengan data NIK di Dukcapil, data Dapodik Kemendikbud, data STR di Kementerian Kesehatan, dan akses data ijazah dan akreditasi Perguruan Tinggi.

Adapun pengumuman pendaftaran sekolah kedinasan dimulai 1 April 2021 menyesuaikan status tanggap darurat non-bencana pandemi Covid-19. Sementara, pendaftarannya dibuka pada 9 hingga 30 April 2021.

“Untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilaksanakan pada 3 Mei 2021 (tentatif) menyesuaikan status tanggap darurat pandemi Covid-19.

Sementara itu, dia menambahkan, pelaksanaan Seleksi Lanjutan diatur oleh masing-masing sekolah kedinasan, jadwal dan format ujian menyesuaikan status tanggap darurat pandemi Covid-19.

Daftar sekolah kedinasan favorit dan terbaik di Indonesia menjadi pilihan bagi calon mahasiswa baru yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi.

Selain banyak sekali perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia, akan tetapi peminat perguruan tinggi kedinasan (PTK) masih tergolong sangat banyak.

Dibandingan PTN, kedinasan mempunyai banyak kelebihan seperti pendidikan terjangkau dan banyak gratis, serta jaminan ikatan dinas, sehingga setelah lulus langsung bekerja.

Daftar Sekolah Kedinasan
1. STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)
2. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)
3. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)
4. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)
5. AKMIL (Akademi Militer)
6. AAL (Akademi Angkatan Laut)
7. AAU (Akademi Angkatan Udara)
8. AKPOL (Akademi Kepolisian)
9. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)
10. STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat)
11. STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia)
12. STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini