Berencana Diganti, Pesawat Tempur Hawk 209 Jatuh Timpa Rumah Warga

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pesawat tempur taktis Hawk 209 TT yang jatuh menimpa rumah warga Pekanbaru, tahun ini berencana dipensiunkan dan diganti. Apalagi sudah 6 pesawat sejenis jatuh sejak 2000.

Pesawat itu jatuh sekitar pukul 08.30 WIB di Desa Kubang Jaya, Siak Hulu, Riau. Pilot pesawat Lettu Pnb. Aprianto Ismail yang menerbangkannya dari Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru kemungkinan besar selamat.

Sementara sudah dua tahun lalu, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M. dua tahun lalu mengungkapkan keinginan mengganti pesawat mungil yang memperkuat militer Indonesia sejak 1995.

KSAU mengungkapkannya saat melakukan kunjungan kerja ke Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru 29 Maret 2018, markas pesawat buatan British Aerospace tersebut.

“Secara bertahap pesawat Hawk akan kita ganti dengan pesawat baru dari generasi 4,5,” kata Yuyu ketika itu.

Pesawat generasi 4,5 dan 5 terletak pada kemampuan radar, sistem elektronika dan persenjataan yang digunakan. Proyek pesawat tempur KF-X/IF-X Korea Selatan dan Indonesia.

Bisa juga Eurofighter Typhoon, Dassault Rafale, F-15E Strike Eagle, F-16 Viper, F/A-18E/F Super Hornet, Su-30 varian terbaru, Su-35, maupun Gripen E atau MiG-35 selain tentunya F-35 yang mulai dibanggakan oleh negara-negara penggunanya.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini