Beralih ke UMKM, Telkom Tutup Blanja.com

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Layanan Blanja.com akhirnya ditutup oleh Telkom. Platform e-commerce yang dikembangkan melalui usaha patungan bersama eBay ini mulai stop beroperasi sejak 1 September 2020 lalu.

Namun untuk pembelian, penjualan, pembayaran dan pengiriman yang masih dalam proses masih bisa diselesaikan. Blanja.com juga telah mengimbau para pelanggannya untuk menarik saldo di dompet Blanja sebelum 30 September 2020.

Menurut Direktur Digital Business Telkom Fajrin Rasyid, penutupan Blanja.com sebagai upaya Telkom untuk fokus pada bisnis e-commerce di segmen korporasi dan UMKM.

“TelkomGroup menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan masyarakat serta stakeholder yang selama ini bergabung dan memanfaatkan fasilitas transaksi retail Blanja.com,” katanya dalam keterangan resminya, Rabu 2 September 2020.

Sebagai gantinya, Telkom mengatakan akan lebih fokus ke dalam beberapa inisiatif untuk memanfaatkan peluang e-commerce di pasar enterprise. Salah satunya dengan program Pasar Digital (PaDi) UMKM yang berupaya menggerakkan ekonomi lokal dengan pemanfaatan aplikasi digital.

Dalam program ini, Telkom didukung oleh 8 BUMN lain. Tujuannya untuk menggeliatkan kembali UMKM guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Tak hanya itu, Telkom juga mendukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam pengadaan barang dan jasa sekolah yang dilakukan secara online. Program ini diberi nama Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah) yang memanfaatkan skema marketplace online.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini