Donald Trump. (Foto: Zimbio)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Eks Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tampaknya ingin kembali maju dalam pilpres 2024 mendatang. Ia belum menyerah, setelah kalah dalam pilpres Desember 2020 lalu dari Joe Biden.

Seperti dalam pidatonya baru-baru ini di Konferensi Aksi Politik Konservatif AS di Florida, Trump menegaskan ia akan mendukung penuh Partai Republik untuk kembali menguasai House of Representative dan Senat tahun 2022 mendatang.

Partai Republik kehilangan suara mayoritas di dua lembaga legislatif itu saat Trump menjadi presiden. Ia juga memberi sinyal akan maju lagi dalam pemilihan presiden 2024 mendatang.

“Dengan bantuan kalian, kami akan merebut kembali House, kami akan kembali memenangkan Senat dan lalu presiden dari Partai Republik akan membawa kembali kemenangan ke Gedung Putih, saya bertanya-tanya siapa itu, siapa, siapa saya ingin tahu,” kata Trump, seperti dikutip pada Senin 1 Maret 2021.

Ini adalah pidato pertama Trump, setelah ia mengasingkan diri selama enam pekan sejak hari pelantikan Joe Biden.

Trump juga diketahui marah besar setelah sejumlah anggota Partai Republik mendukung pemakzulan dirinya, karena dianggap menghasut dan mendalangi kerusuhan di Capitol Hill, 6 Januari lalu.

Ia menyerang para anggota Partai Republik itu secara langsung dengan menyebut nama mereka. Trump menyerang Senator Mitt Romney dan Patt Toomey serta anggota House Liz Cheney dan Adam Kinzinger. Trump mengindikasi akan mendukung kandidat calon presiden Partai Republik yang melawan orang-orang itu.

Trump juga mengulang kembali klaim-klaim palsu mengenai kecurangan dalam pemilihan presiden yang dimenangkan Biden bulan November tahun lalu. Ia juga melakukan hal jarang terjadi di mana mantan presiden langsung melemparkan kritikan di pekan-pekan pertama masa jabatan penggantinya.

“Mereka kehilangan perbatasan, tapi siapa tahu, siapa tahu, mungkin saya memutuskan untuk mengalahkan mereka untuk ketiga kalinya,” ujarnya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here