Belum Ditemukan, Hilangnya 10 Pesawat Ini Masih Jadi Misteri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hingga saat ini, 10 pesawat yang hilang masih menjadi misteri. Pesawat-pesawat ini sudah menghilang dalam waktu yang sangat lama. Belum ada yang mengetahui secara pasti penyebab hilangnya pesawat-pesawat ini.

1. Pesawat Boeing 727-233
Pada 2003, pesawat terbang Boeing 727-233 dengan nomor pendaftaran N844AA sedang melaju pelan sepanjang landasan pacu bandara Quatro de Fevereiro di Luanda, Angola. Tidak ada komunikasi antara awak pesawat dengan menara pengendali.

Pesawat itu kemudian lepas landas tanpa izin dan mengarah ke barat di atas samudera Atlantik. Pesawat ini juga tidak menyalakan lampu ataupun transponder. Menurut laporan majalah Air and Space, terdapat dua orang pria di dalam pesawat itu. Pesawat itu lalu menghilang. FBI dan CIA menggelar pencarian ke seluruh dunia hingga akhirnya pencarian dihentikan.

2. Pesawat Kargo Varig Brazilian Airlines
Pada Januari 1979, pesawat ini dinyatakan menghilang. Pesawat menghilang hanya dalam waktu 30 menit setelah lepas landas dari bandara internasional Narita di Tokyo, Jepang.

Di dalam pesawat itu, terdapat 153 lukisan dengan nilai lebih dari 1,2 juta Dolar AS yang setara dengan 4,2 juta Dolar AS dengan nilai tahun 2016 atau 56 miliar Rupiah. Hingga sekarang, pesawat terbang, para awak, dan lukisan-lukisan itu tidak pernah ditemukan.

3. Flying Tiger Line, Penerbangan 739
Flying Tiger Line, penerbangan 739 ini merupakan penerbangan militer AS. Pesawat itu membawa 90 anggota militer dan lepas landas dari pulau Guam di barat Pasifik.

Penerbangan itu tidak pernah sampai di Filipina dan tidak menerbitkan panggilan darurat. Puing-puingnya pesawat juga tidak pernah ditemukan. Para awak kapal tanker berbendera Liberia mengaku melihat seberkas cahaya di laut sekitar penerbangan. Mereka menduga telah terjadi ledakan di udara. Pihak US Civil Aeronautics mengaku tidak dapat menentukan kemungkinan penyebab kejadian.

4. Dua Pesawat Jet British South American Airways
Pada 1940, sejumlah pesawat terbang lenyap di suatu kawasan antara Florida, Puerto Rico, dan Bermuda. Kemudian, pada 1948 dan 1949, dua pesawat jet British South American Airways hilang di daerah itu.

Sebanyak 52 penumpang dan awak pesawat hilang. Beberapa pesawat terbang lain juga hilang di sana, termasuk 5 pesawat pembom AS pada 1945. Saat itu, walaupun digelar pencarian besar di laut dan udara, namun tidak ada bekas-bekas badan pesawat.

5. Pesawat Flying Tiger Line, Penerbangan 739
Pesawat ini terbang dari Guam menuju Clark Air Base, Filipina pada 16 Maret 1962. Pesawat ini membawa 93 tentara AS dan tiga warga negara Vietnam Selatan. Pesawat dinyatakan hilang dan memicu pencarian besar-besaran.

Pesawat ini merupakan buatan Lockheed L-1094 Super Constellation. Badan Aeronautika Sipil menyatakan, pesawat itu meledak di udara, namun penyebabnya tidak pernah diketahui.

6. Pesawat Fuerza Aerea Argentina nomor penerbangan C-54
Pada 1965, pesawat Fuerza Aerea Argentina menghilang. Belum diketahui lokasi hilangnya pesawat, apakah di hutan Kosta Rika atau di Perairan Karibia. Pesawat Douglas C-54 Skymaster yang disewa oleh militer Argentina ini hilang bersama 68 orang di dalamnya pada 1 November 1965.

Sebelum hilang, kru pesawat mengatakan akan berbelok ke Puerto Limon, Kosta Rika, namun sambungan terputus. Tim pencarian menemukan 25 pelampung, barang-barang pribadi dan beberapa serpihan di Kepulauan Bocas del Toro.

7. Pesawat TAM, Penerbangan 52 (Tahun 1974)
Pada 1974, pesawat jenis Douglas DC-4 menghilang. Pesawat ini dikelola Transporte Aereo Militar, cabang sipil Angkatan Udara Bolivia. Pesawat TAM hilang dalam penerbangan dari Bandara Santa Rosa de Yacuma menuju Banda El Alto di La Paz. Jejak pesawat ini tidak pernah diketahui termasuk 21 penumpangnya.

8. Pesawat Merpati Nusantara Airlines Penerbangan 6715
Pada 1995, pesawat Merpati Nusantara Airline hilang saat terbang dari Bandara Bima menuju Bandara Satartacik, Ruteng, pada 10 Januari 1995. Pesawat ini membawa 10 penumpang dan empat kru. Pesawat jenis Twin Otter 300 itu diduga jatuh di Selat Molo akibat cuaca buruk. Namun, pesawat itu tidak pernah ditemukan.

9. Hilangnya pilot Amelia Earhart dan pesawatnya
Amelia Earhart adalah seorang pelopor penerbangan sekaligus perempuan pertama yang terbang menyeberangi Samudera Atlantik. Pada 20 Mei 1932 ia memulai ekspedisi penerbangan keliling dunia dari Newfoundland, Kanada.

Amelia dijadwalkan mendarat di Irlandia 15 jam kemudian. Perjalanan ini dilakukannya seorang diri. Amelia Earhart dinyatakan hilang pada 1937. Petunjuk hilangnya pesawat ini yaitu adanya beberapa transmisi radio yang kacau.

10. Pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH370
Pesawat ini berangkat dari Bandara Internasional Kuala Lumpur menuju ke Bandara Internasional Ibu Kota Beijing. MH370 membawa 239 orang, dengan rincian 227 penumpang dan 12 awak pesawat.
Pesawat ini putus kontak sekitar pukul 02.40 waktu setempat, 8 Maret 2014. Berdasarkan data saat itu, komunikasi terakhir antara pesawat yang hilang dan satelit pada pukul 08.11 waktu Malaysia.

Kejadiannya ini masih menjadi teka-teki. Banyak spekulasi mengatakan, pesawat ini hilang disabotase oleh teroris, cuaca esktream dan kehabisan bahan bakar.

Reporter : Ade Amalia Choerunisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini