Belum Ada Varian Virus Baru karena Perketat Perjalanan Internasional

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memastikan belum ada strain atau virus Covid-19 di Indonesia. Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan bahwa hal ini disebabkan oleh kebijakan pemerintah yang memperketat perjalanan internasional sejak Desember 2020.

Diketahui bahwa pemerintah RI memperketat pelaksanaan protokol kesehatan bagi pelaku perjalanan internasional atau warga negara asing (WNA) yang hendak ke Indonesia.

“Artinya dengan pengetatan kita bermaksud agar jangan sampai strain baru dari Inggris tersebut masuk ke Indonesia,” kata Wiku, Kamis 18 Februari 2021.

Hal ini dipastikan berdasarkan surveilans yang dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman.

Melalui metode pengurutan genom atau whole genome sequencing secara menyeluruh mampu menyajikan 244 sampel yang dikumpulkan secara acak.

Wiku menjelaskan saat ini strain virus Covid-19 yang menyebar adalah D614G (virus yang mendominasi Indonesia) yang memiliki penularan 10 kali lebih cepat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini