Beli S-400 dari Rusia, AS Depak Turki dari Program F-35

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Amerika Serikat akhirnya mendepak Turki dari program pesawat tempur F-35. Langkah itu diambil setelah Erdogan Cs mulai menerima pengiriman sistem pertahanan misil S-400 Rusia pekan lalu.

Diketahui, pengiriman sistem pertahanan udara S-400 pertama kali diterbangkan menuju pangkalan udara militer Murted di barat laut Ankara pada Jumat 12 Juli lalu.

“AS dan mitra F-35 lainnya sepakat menangguhkan Turki dari program tersebut dan mulai memproses secara resmi keluarnya Turki dari program itu,” kata Wakil Menteri Pertahanan Ellen Lord, seperti dikutip Reuters, Kamis 18 Juli 2019.

Kata Lord, Amerika Serikat akan menghabiskan antara 500 hingga 600 juta dolar AS untuk memindahkan rantai pasokan jet tempur akibat pemutusan Turki.

Pesawat tempur F-35 merupakan pesawat tempur tercanggih di dunia yang digunakan NATO dan sekutu AS. Washington khawatir bahwa pengerahan S-400 dengan F-35 akan memungkinkan Rusia mendapat terlalu banyak informasi dari dalam sistem siluman tersebut.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini