MATA INDONESIA, LOUGHBOROUGH – Tak hanya berlatih sepak bola, program Garuda Select juga melatih para pemain hidup mandiri selama tinggal di Inggris. Mereka mengurus semua kebutuhan sehari-hari sendiri, tanpa ada yang membantu.

Untuk pertama kalinya para pemain Garuda Select harus tinggal jauh dari keluarga. Semua kebutuhan sehari-hari seperti mencuci pakaian, membeli makanan, dan mengatur keuangan tak lagi bisa mengandalkan orang tua.

Semua kegiatan sehari-hari di luar latihan dan pertandingan dilakukan secara mandiri. Beberapa pemain pun menceritakan pengalaman mereka hidup jauh dari keluarga dan harus mengurus semuanya sendiri.

“Untuk saya pribadi pastinya ini adalah hal yang baru. Apalagi harus jauh dari orang tua, semuanya harus diurus sendiri. Belum lagi ketika kondisi badan drop karena lelah, saya jadi kadang sedih dan teringat rumah. Tetapi semua harus tetap dijalani dengan semangat,” kata penjaga gawang Garuda Select, Adre Arido.

Pemain asal Italia, Elia Di Giuliomaria, menganggap hal ini adalah bagian dari pembelajaran yang harus dihadapi.

“Ini adalah pengalaman yang memang sudah ingin saya rasakan sejak lama. Saya harus melakukan semuanya sendiri jauh dari orang tua, termasuk membagi waktu antara belajar, latihan, dan bersantai,” kata Elia.

Bagi Faqih Maulana, berada jauh dari rumah dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri bukan hal baru baginya. Ia mengaku pernah melakukan hal yang sama dengan klub di Indonesia. Hanya saja kali ini, perbedaannya dari segi geografis.

“Tantangannya mungkin hanya bagaimana mengatur keuangan karena di usia seperti saya tentu banyak keinginan yang harus diatur. Kalau soal tinggal jauh dari rumah, sudah agak terbiasa karena dulu pernah delapan bulan tingal di mess jadi agak terbiasa mencuci sendiri dan sebagainya,” katanya.

Selain pentingnya melatih kemandirian dalam kegiatan sehari-hari, para pemain juga bisa belajar untuk bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan belajar sebagai individu yang mempunyai kedisiplinan.

Hal yang sangat penting untuk bekal kehidupan mereka nanti ketika dewasa dan apabila mereka akan berkarier di tempat yang jauh dari negara asal mereka.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here