Begini Suasana Banjir Jakarta Tahun 1970

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Ahli sejarah menyatakan Jakarta memang tempat air menggenang alias banjir bahkan sejak zaman Belanda sehingga warganya seperti sudah biasa dengan fenomena atau suasananya.

Sebuah video yang diunggah akun twitter @videosejarah mengunggah video yang menggambarkan bagaimana warga Jakarta menghadapi banjir di Jakarta tahun 1970.

Saat itu belum dibentuk lembaga khusus yang menangani bencana alam, sehingga dalam video berdurasi 50 detik itu tampak personel TNI tampak menjadi tulang punggung usaha penyelematan warga yang terjebak banjir.

Sejak awal video anggota TNI sudah terlihat bahu-membahu dengan warga Jakarta mengatasi “tamu” periodik ibukota tersebut.

Beberapa warga yang bertempat tinggal di daerah langganan banjir pada tahun itu juga sudah membuat rumah berlantai dua. Tampak pada video beberapa warga yang memilih tinggal di lantai dua rumahnya tersebut.

Sayang video itu tidak menjelaskan di mana lokasi banjir tersebut. Tetapi tayangan itu sudah membuktikan bahwa banjir akan tetap menjadi masalah warga Jakarta.

Meski begitu Gubernur Anies Baswedan sepertinya mengganggap sepele masalah tersebut dengan membuat pernyataan banjir di Jakarta beberapa hari belakangan hanya ramai di media sosial. Padahal yang dibutuhkan bagaimana mencari solusi agar manusia terhindar atau menghindarkan diri dari banjir.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini