Begini Strategi Pemerintah Bantu Petani Antisipasi Dampak Kemarau

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah tengah menyiapkan strategi khusus sebagai langkah mengantisipasi dampak musim kemarau untuk membantu para petani.

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, salah satu strateginya adalah menyiapkan lumbung padi baru di Kalimantan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

“Presiden mengarahkan agar berkonsentrasi melihat lumbung padi baru yang dulu pernah disiapkan di Kalimanta, kata Airlangga, Selasa 5 Mei 2020.

Ia mengatakan, lumbung padi itu adalah jawaban atas prediksi kemarau yang pernah disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Nantinya, BUMN, Kementerian Pertanian dan PUPR akan berjibaku membangun lumbung tersebut.

“Tentu Kementan, BUMN dan lain konsentrasi dan juga PUPR mempersiapkan berkonsentrasi untuk menyiapkan infrastruktur lumbung pangan di Pulau Pisau, Kalimantan Tengah,” ujar Airlangga.

Sebelumnya Jokowi mengimbau kepada jajarannya agar siaga atasi musim kemarau yang akan mempengaruhi pangan di Indonesia. Presiden menjelaskan, menurut prediksi BMKG, 30 persen wilayah akan alami kekeringan.

“Antisipasi mitigasi harus betul-betul di siapkan sehingga pekerjaan dan stabilitas harga bahan pangan tidak terganggu,” ujar Presiden Jokowi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini