Haji (ilustrasi)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kementerian Agama telah menyiapkan skema penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021, yang akan menyesuaikan situasi pandemi Covid-19.

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid berkata, Kemenag saat ini masih menunggu keputusan dari Arab Saudi untuk pelaksanaan ibadah haji 2021.

“Kemenag akan tetap melakukan persiapan seperti penyelenggaraan haji tahun sebelumnya, dalam beberapa waktu ke depan akan ada tim Kemenag yang akan berangkat ke Arab Saudi untuk mempersiapkan layanan transportasi, akomodasi, dan konsumsi,” kata Zainut, seperti dikutip dari Ihram, Senin 9 November 2020.

Dalam waktu dekat, Kemenag akan segera menyiapkan nota kesepahaman atau MoU dengan Kementerian Haji Arab Saudi. Ia menyebut, persiapan berjalan seperti tahun-tahun sebelumnya, dengan beberapa skema untuk menghadapi berbabagi macam kemungkinan yang terjadi.

Zainut mengakui, umat Islam di Indonesia sudah menantikan ibadah haji. Ia berharap, saat pelaksanaan tahun depan, pandemi Covid-19 sudah berakhir. Hal ini tentunya bisa menghindarkan dari masalah penumpukan jemaah.

“Kita berharap haji 2021 itu sudah normal, sehingga penumpukannya itu tidak berlipat. Tapi yang penting dari Kemenag kita mengutamakan perlindungan jamaah supaya tidak menimbulkan kemafsadatan,” ujar Zainut.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here