Ilustrasi vaksin
Ilustrasi vaksin

MATA INDONESIA, JAKARTA – Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan, saat ini pemerintah tengah menanti hasil uji klinis terhadap sejumlah kandidat vaksin Covid-19 yang masih terus dikembangkan.

Seperti diketahui, ada puluhan vaksin Covid-19 yang tengah diuji klinis, salah satu kandidat terkuatnya adalah yang berasal dari Cina, yakni Sinovac.

“Kandidat vaksin sedang dalam uji klinis fase tiga, untuk memastikan keamanan efek samping dan rentan dosis aman yang akan digunakan kepada manusia,” kata Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Jakarta, Kamis 29 Oktober 2020.

Selanjutnya, menurut Wiku, dokumen hasil uji klinis akan dibawa ke BPOM untuk pemeriksaan. Ia meminta semua pihak bersabar karena pemerintah tak ingin buru-buru dalam memutuskan vaksin mana yang sudah tepat.

Wiku menekankan, setelah uji klinis berhasil sesuai standar kesehatan, maka nanti BPOM baru bisa mengeluarkan izin untuk dapat digunakan.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengungkap saat ini ada 44 kandidat vaksin Covid-19 yang tengah diuji klinik dan 154 kandidat vaksin Covid-19 memasuki tahap uji pre klinik. Namun, belum ada satupun vaksin Covid-19 yang telah mendapatkan izin edar.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here