Begini Penjelasan Ilmiah Soal Septic Tank yang Meledak Tewaskan Seorang Supir

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Seorang supir mobil penyedot WC berinisial S (44) tewas terbakar setelah melihat septic tank menggunakan kertas koran yang dibakar. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Sangat bisa. Penjelasannya karena kotoran manusia atau feses memproduksi gabungan gas metana, amonia dan hidrogen sulfida.

Jika feses tersebut terkumpul dalam waktu yang cukup lama dalam sebuah tempat tertutup seperti septic tank, maka gas-gas tersebut tidak serta merta keluar begitu saja.

Ketiga gas tersebut sangat mudah meledak jika dipanaskan. Maka tindakan supir tersebut yang menggunakan kertas terbakar untuk memeriksa kondisi septic yang kosong sudah pasti akan memicu ledakan karena sisa-sisa gas masih berada di dalam lubang septic tank.

Bahkan jika gas itu tidak menemukan jalan keluar dari ruang tertutup septic tank, pada satu titik penampungan tinja tersebut juga bisa meledak karena desakan gas-gas tersebut.

Peristiwa septic tank meledak di Kavling blok O RT 16/03 Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, Senin 4 November 2019 sore bukan satu-satunya terjadi di dunia.

Akibat yang lebih dahsyat terjadi di China 5 Januari 2017. Sebuah toilet umum di Yulin, China Utara tiba-tiba meledak sehingga melukai lima orang. Di antaranya ada yang patah tulang tetapi tidak parah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini