Begini Kronologi Kerusuhan di Lapas Manado

Baca Juga

MATA INDONESIA, MANADO – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tuminting, Manado dilanda kerusuhan. Sebuah rekaman video yang dari akun YouTube YT Kriminal menggambarkan detik-detik kekacauan yang melanda Lapas itu.

Rekaman video yang tampaknya diambil oleh petugas lapas terlihat para narapidana berteriak-teriak melemparkan segala sesuatu yang mereka bisa raih ke kaca dan kemana saja untuk membuat kerusakan.

Sementara itu terdengar teriakan dari petugas Lapas yang memerintahkan meminta bantuan polisi.

Mobil anti huru-hara pun beberapa waktu kemudian memasuki halaman Lapas. Sementara suasana di dalam semakin tidak terkendali.

Tidak ada yang mengetahui siapa yang mulai melakukannya, tiba-tiba saja bagian bangunan Lapas tersebut tersulut api yang dengan cepat membesar.

Tetapi penghuni Lapas masih mengamuk dan terus membakar bagian lain bangunan Lapas hingga komplek bangunan itu dipenuhi asap yang menyesakkan.

Untuk alasan keamanan, sejumlah akses menuju lokasi lapas ditutup sementara. Beberapa mobil pemadam kebakaran juga sudah bersiaga di sekitar lapas.

Semula Kapolresta Manado Kombes Benny Bawensel sempat bernegosiasi dengan narapidana di pintu masuk Lapas Tuminting Manado.

Namun, sekitar pukul 18.30 WITA aparat gabungan masuk Lapas, bahkan mobil antihuru-hara pun ikut memasuki halaman dalam Lapas.

Ratusan anggota polisi dari Polresta Manado dan Sat Brimob Polda Sulut seketika itu juga menyerbu masuk.

Aliran listrik dimatikan dan satu jam kemudian bunyi tembakan terdengar, teriakan-teriakan dari dalam Lapas pun terdengar.

Sekitar pukul 19.40 WITA, aparat berhasil menguasai keadaan. Tak ada lagi teriakan para napi. Petugas pemadam kebakaran ikut memadamkan api. Dua orang yang terluka dibawa lari dengan mobil ambulance polisi.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini