Begini Jokowi Jawab 10 Permintaan Tokoh Papua

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Selain diminta membangun Istana Presiden tahun depan, 61 tokoh Papua juga mengajukan sembilan permintaan lainnya seperti disampaikan tokoh Papua-Papua Barat, Abisai Rollo kepada Presiden Jokowi.

Sembilan permitaan tersebut adalah;

1. Memekarkan provinsi 5 wilayah adat di Provinsi Papua-Papua Barat. Menanggapi hal tersebut Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berjanji memenuhinya tetapi tidak sebanyak yang diusulkan. Jokowi mengusulkan sekitar dua atau tiga wilayah pemekaran di Papua dan Papua Barat.

Dia juga tidak akan sembarangan melakukan pemekaran karena tetap mengikuti perundang-undangan yang sudah berlaku. Selain itu, Jokowi sangat mengharapkan masukan untuk pemekaran dari rakyat Papua-Papua Barat. Bukan dari elitnya.

2. Pembentukan Badan Nasional Urusan Tanah Papua yang diusulkan para tokoh juga disepakati oleh Presiden Jokowi.

3. Penempatan pejabat-pejabat eselon 1 dan 2 di kementerian dan LPMK juga disepakati Jokowi sesuai peraturan yang berlaku.

4. Jokowi juga menyetujui pembangunan Asrama Nusantara di seluruh kota studi dan menjamin keamanan mahasiswa Papua. “Mengenai asrama nusantara saya setuju,” ujar Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden juga menyampaikan keberagaman kebudayaan dan masyarakat di Indonesia. Menurutnya, keberagaman budaya dan suku di Indonesia ini harus dipahami oleh seluruh masyarakat. Selain itu, ia juga menjelaskan betapa luasnya negara Indonesia.

5. Usulan revisi Undang-Undang Otsus dalam Prolegnas 2020. Saat ini hal tersebut sedang dipertimbangkan DPR RI.

6. Menerbitkan inpres untuk pengangkatan ASN honorer di tanah Papua. Hal itu diatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

7. Percepatan Palapa Ring Timur Papua yang saat ini masih tahap pembangunan.

8. Membentuk lembaga adat perempuan dan anak Papua

9. Bapak Presiden mengesahkan lembaga adat perempuan dan anak Papua.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini