Begini Harapan Khusus Presiden Jokowi di Ramadan Tahun Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tanggal 1 Ramadan 1442 Hijriah sudah ditetapkan bertepatan 13 April 2021 besok. Presiden Jokowi mempunyai harapan khusus para bulan suci tahun ini.

“Selamat datang bulan Ramadan, bulan penuh pahala dan pengampunan. Semoga kita semua senantiasa berlimpahkan rahmat dari Allah SWT, dan negeri ini dijauhkan dari penyakit dan bencana,” ujar Jokowi, Senin 12 April 2021.

Penetapan 1 Ramadan itu ditetapkan dalam sidang isbat yang digelar di kantor Kementerian Agama secara virtual, Senin.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan sidang itu tanpa ada perdebatan sehingga dengan suara bulat menetapkan bahwa awal Ramadan 1442 H.

Secara astronomis, menurut Menteri Yaqut, pada hari pelaksanaan rukyat, 12 April 2021, saat matahari terbenam, posisi hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk yaitu berkisar antara 2 derajat 37 menit hingga 3 derajat dan 36 menit.

Data astronomis (hisab) ini kemudian dikonfirmasi melalui rukyatul hilal yang dilakukan pada 88 titik di 34 provinsi di Indonesia.

Menurut Menteri Agama, ada 13 petugas rukyat yang menyampaikan kesaksiannya di bawah sumpah hakim Pengadilan Agama setempat bahwa mereka melihat hilal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini