Begini Cara BI Wujudkan Jurnalisme Berkualitas di Kaltara

Baca Juga

Mata Indonesia, Tarakan – Bank Indonesia telah menggelar capacity building bersama wartawan se-Kaltara di Hotel Grand Mercure Yogyakarta beberapa waktu lalu. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, mulai 30 Mei hingga 2 Juni 2023.

Wahyu Indra Sukma, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kalimantan Utara mengatakan kegiatan ini merupakan kontribusi BI untuk mewujudkan jurnalisme yang berkualitas.

“Capacity building ini kami mengundang narasumber yang berkompeten antara lain Syachman Perdymer, Deputi Direktur, Divisi Relasi Media Massa dan Opinion Maker, Departemen Komunikasi BI, Aria W. Yudhistira Editor Katadata serta Asmono Wikan anggota dewan pers 2020-2025. Melalui kegiatan ini semoga wartawan di Kaltara dapat belajar banyak. Sehingga dapat memberi bahan yang baik untuk diberitakan. Harapannya berita yang dihasilkan itu mendidik dan berkualitas,” ucapnya saat membuka kegiatan capacity building di Hotel Grand Mercure Yogyakarta 31 Mei 2023.

Sementara itu, Syachman Perdymer Deputi Direktur, Divisi Relasi Media Massa dan Opinion Maker, Departemen Komunikasi Bank Indonesia mengatakan bahwa BI telah melakukan berbagai cara memperkuat pemahaman media terkait kebijakan BI, antara lain melalui media gathering atau pelatihan wartawan , menyampaikan informasi kebijakan BI melalui grup WhatsApp.
“Hingga menginformasikan berbagai laporan BI melalui release kebijakan moneter, laporan perbankan dan sistem keuangan , sistem pembayaran, dan lain sebagainya,” ucapnya.

Dalam kesempatan inipula, Asmono Wikan anggota dewan pers 2020-2025 berpesan kepada waratawan agar menyajikan berita sesuai kode etik jurnalistik dan UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers. Menurutnya, dengan berpedoman pada hal tersebut, maka wartawan dapat bertanggung jawab dalam menjalankan profesinya, yaitu mencari dan menyajikan informasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini