Begini Bentuk Ibu Kota Baru yang Ada di Benak Jokowi

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Presiden Jokowi membayangkan ibu kota baru Indonesia kelak bukan sekadar sebuah kota modern mengalahkan Dubai, tetapi juga manusiawi, aman ditinggali karena toleransinya yang tinggi dan hidup bergotong-royong.

Bayangan itu dia ungkapkan melalui akun media sosialnya. “Dalam bayangan saya, sebuah kota masa depan yang bebas emisi, termasuk transportasi publiknya. Kota yang dinamis dan menggembirakan. Masyarakatnya majemuk, terbuka, toleran, dan hidup bergotong royong,” ujarnya seperti dikutip Rabu 7 November 2019.

Sebelumnya Jokowi mengungkapkan mimpinya saat membuka acara “Konstruksi Indonesia 2019.” Dia mengharapkan ibu kota negara tersebut bisa menjadi hadiah dari Indonesia untuk dunia.

Mengapa Dubai menjadi benchmark. Karena Jokowi menilai itu adalah kota paling bahagia di bumi.

Dubai adalah kota terbersih dan paling inovatif serta masih banyak lagi kelebihan kota itu yang sulit diungkap satu per satu.

Jokowi pun membayangkan di ibu kota baru nanti bakal dibagi-bagi menjadi klaster pemerintahan, klaster teknologi DNA inovasi seperti Silicon Valley dan klaster wisata.

Meski begitu, Presiden menginginkan biaya hidup di kota tersebut terjangkau semua penduduknya. Lebih memberi ruang bagi pejalan kaki, pesepeda dan transportasi umum dibandingkan mobil dan sepeda motor pribadi.

Dia juga ingin sumber daya terbaik lah yang bekerja di sana, terutama menjadi tempat diaspora untuk pulang kampung.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini