Bantu Korban Banjir, Kemendagri Ganti Dokumen Penduduk Secara Gratis

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Banjir yang melanda daerah Jakarta dan sekitar ikut menjadi perhatian Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Melalui Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), mereka memberikan bantuan kepada sejumlah wilayah yang terdampak. Bantuan tersebut berupa layanan penggantian dokumen kependudukan yang hilang atau rusak akibat banjir.

Aksi tersebut dinamakan ,aksi jemput bola’. Kunjungan pertama dilakukan Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh ke Kelurahan Pejagalan, Jakarta Utara, Sabtu 4 Januari 2020.

Adapun dokumen kependudukan tersebut, yakni KTP elektronik, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran hingga Akta Kematian. “Semuanya dibagikan tanpa dipungut biaya,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Minews, Sabtu ini.

Penggantian dokumen kependudukan ini merupakan hasil pendataan tanggal 2 Januari hingga 3 Januari 2020 lalu. Adapun dokumen Adminduk yang dicetak ulang karena bencana banjir berdasarkan permohonan warga melalui kelurahan sebanyak 9 KK, 8 KTP, 5 KIA dan 6 akte lahir. Sedangkan untuk Kartu Keluarga yang dicetak karena banjir di Kelurahan Gaga sebanyak 102 lembar KK.

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh (mengenakan batik paling kiri) bersama warga menunjukkan bukti hasil layanan penggantian dokumen kependudukan Kelurahan Pejagalan, Jakarta Utara, Sabtu 4 Januari 2020 (Kemendagri)

Zudan juga mengatakan, penggantian dokumen kependudukan tersebut diberikan tanpa prosedur yang menyulitkan masyarakat, termasuk tanpa surat pengantar RT/RW.

“Masyarakat juga tidak perlu pengantar kepolisian, dokumen yang hilang dan rusak langsung kami ganti, bisa perorangan maupun kolektif melalui RT/RW masing-masing,” katanya.

Selain ke Kelurahan Pejagalan, Jakarta Utara, Dirjen Dukcapil dan jajarannya melanjutkan kunjungan ke Kantor Kelurahan Gaga, Kota Tangerang. Dijadwalkan Dirjen Dukcapil akan melanjutkan kunjungan ke Kabupaten Tangerang dan Kota Bekasi.

Program Dukcapil PEDULI (Penggantian Dokumen Hilang), merupakan upaya Dukcapil untuk membantu warga dalam mendapatkan dokumen Adminduk yang hilang/rusak dikarenakan bencana banjir, berupa dokumen KK, KTP, KIA, akte lahir dan akta-akta lainnya.

Program Dukcapil PEDULI dilakukan melalui, Warga melapor ke kelurahan, kelurahan melaporkan melalui web yang disediakan, Dukcapil memproses dokumen berdasarkan data base yang tersedia, Dukcapil menyalurkan ke kelurahan terdampak bencana banjir. Program ini akan segera dilaksanakan sosialisasi ke kelurahan, kecamatan dan media massa.

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini