Bantu Gugus Tugas, BIN Gelar Rapid Test di Zona Merah Kabupaten Bogor

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA  –  Badan Intelijen Negara (BIN) terus membantu Gugus Tugas Penangan Covid19 melacak pasien positif dengan rapid test Covid19 di zona merah. Pada Rabu 17 Juni 2020 menggelar test itu di Pasar Cibinong, Kelurahan Ciri Mekar dan Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

“BIN akan terus mencari titik-titik episentrum di wilayah-wilayah yang masuk dalam zona merah, salah satunya pasar,” kata Staf Khusus Kepala BIN Mayjen TNI (Purnawirawan) Neno Hamriono di Jakarta.

Menurut Neno, seperti dilansir antara, kegiatan itu merupakan perintah langsung Kepala BIN Jenderal (Pol) Budi Gunawan.

Dengan  tes cepat massal ini, BIN dan Pemerintah Kabupaten Bogor dapat mengetahui klaster-klaster baru penyebaran wabah Covid19.

Neno mengaku antusiasme masyarakat Cibinong cukup tinggi dan rapid test dilakukan memang di tempat-tempat konsentrasi masyarakat, salah satunya pasar.

Di Cibinong, BIN menyediakan 1.000 alat rapid test dan mengoperasikan dua unit mobil laboratorium PCR untuk swab test yang hasilnya akan langsung keluar dalam waktu 5 jam.

Bupati Ade Yasin selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid19 Kabupaten Bogor, mengapresiasi rapid test massal oleh BIN di Kabupaten Bogor. Menurut Ade kawasan pasar akhir-akhir ini menjadi klaster baru di beberapa wilayah.

Seperti diketahui, Pasar Cileungsi juga cukup besar potensinya, termasuk Pasar Tohaga, Cibinong yang mengkhawatirkan potensi penyebarannya.

Ade mengungkapkan terdapat 30 pasar di Kabupaten Bogor yang harus didata para pedagangnya. Satu per satu dari 30 pasar tersebut akan diselenggarakan rapid test massal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini