Bantah AS, LAPAN: Jabodetabek Aman dari Cuaca Buruk dan Banjir Hari Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Beberapa hari terakhir ini masyarakat DKI Jakarta dibuat resah akibat munculnya peringatan akan adanya cuaca buruk, bahkan terjangan banjir. Namun isu tersebut langsung dibantah oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Menurut Ketua LAPAN Thomas Djamaludin, Minggu 12 Januari 2020, wilayah Jabodetabek tidak akan mengalami cuaca buruk, apalagi banjir. Hal itu didasarkan pada perkiraan cuaca LAPAN.

“Tgl 12 Jan terlanjur diviralkan seolah banjir akan berulang di Jakarta. Menurut prakiraan Sadewa LAPAN, insya Allah besok Jabodetabek aman. Silakan periksa prakiraan yg di-update setiap 6 jam di situs LAPAN https://sadewa.sains.lapan.go.id,” kata Thomas seperti dikutip dalam akun instagramnya, t_djamal, Minggu 12 Januari 2020.

Sementara dalam situs SADEWA LAPAN (Satellite-based Disaster Early Warning System) https://sadewa.sains.lapan.go.id/, disampaikan perkiraan cuaca pada hari ini, tidak ada keterangan wilayah Jabodetabek akan mengalami hujan. Malah hujan akan terjadi di wilayah Pantai Utara Jayapura, wilayah Barat Sulawesi Selatan dan hujan dengan kategori lebat terjadi di Taman Nasional Way Kambas, Lampung.

Sebelumnya, perkiraan cuaca buruk yang akan menerjang wilayah Jakarta salah satunya disampaikan oleh Kedutaan Amerika Serikat untuk Indonesia. Kedutaan AS mengeluarkan peringatan cuaca buruk bagi warga negaranya yang sedang atau hendak berkunjung ke Indonesia.

Dalam laman resminya, Kedutaan AS menyebut, cuaca buruk diprediksi akan melanda Jakarta hingga 12 Januari 2020 mendatang. Selain itu, pihak Kedutaan AS juga meminta warganya yang sedang berada di Jakarta dan sekitarnya untuk mengantisipasi kemungkinan banjir, tanah longsor, pemadaman listrik, hingga sulitnya akses menuju beberapa lokasi.

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini