Banjir Rob, Air Laut Rendam 11 Desa di Pekalongan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Empat sungai meluap di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah imbas dari air laut mengalami pasang. Akibatnya, 11 Desa terendam banjir rob pada Rabu 3 Juni 2020 pukul 16.00 WIB.

Empat sungai itu yakni Sungai Silempeng, Sungai Sengkarang, Sungai Meduri dan Sungai Bremi. Adapun 11 desa yang terdampak meliputi Desa Boyoteluk dan Desa Depok di Kecamatan Siwalan.

Kemudian Desa Semut, Desa Woker Kulon dan Desa Pacakaran di Kecamatan Wonokerto. Selanjutnya Desa Jeruksari, Desa Mulyorejo, Desa Tegaldowo, Desa Karangjompo, Desa Pacar dan Desa Samborejo di Kecamatan Tirto.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan Budi mengatakan akibat banjir tersebut, sedikitnya ada 17 warga yang mengungsi di Gedung TPS Desa Semut.

Guna mencegah penularan Covid-19 di pengungsian, BPBD Kabupaten Pekalongan memberlakukan protokol kesehatan dengan menjaga jarak aman tempat tidur, menyediakan masker, sarana cuci tangan dan hand sanitizer di beberapa titik.

“Untuk tidur kita atur tidak terlalu rapat, kemudian masker, hand sanitizer dan sabun cuci tangan kita siapkan,” ujar Budi melalui siaran pers, Kamis 4 Juni 2020.

Hingga dini hari tadi, BPBD Kabupaten Pekalongan bersama tim gabungan dari apparat TNI dan Polri serta masyarakat melakukan penanganan darurat dengan membuat tanggul di beberapa titik untuk mengantisipasi luapan sungai.

Selain itu, tim gabungan juga membantu upaya evakuasi warga dusun Simonet ke tempat pengungsian di Gedung Pengelola TPS Desa Semut.

BPBD Kabupaten Pekalongan juga telah menyalurkan bantuan logistik bagi para pengungsi dan mendirikan Dapur Umum di Desa Semut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini