Bangganya! Belum Beroperasi, LRT Jabodetabek Sudah Dapat Rekor Dunia

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Indonesia patut berbangga diri. Pasalnya, kereta ringan atau LRT Jabodebek menorehkan rekor dunia. Padahal LRT ini baru akan beroperasi pada 2021 mendatang.

Mengutip situs resmi LRT Jabodebek, Jumat 1 November 2019, longspan atau bentangan beton panjang yang ada di lintasan Kuningan LRT Jabodebek menjadi salah satu struktur jembatan kereta api lengkung dengan struktur beton terpanjang di dunia.

Sebelumnya, LRT di Jerusalem juga memiliki bentang panjang namun secara teknik pembuatannya berbeda. Jembatan di Jarusalem memiliki struktur yang terbuat dari baja dan cable stayed, sedangkan longspan Kuningan menggunakan beton lengkung dan vertikal tendon pertama.

Longspan Kuningan sendiri menjadi kebanggaan bangsa karena desain dan proses pembangunannya diproduksi oleh tenaga ahli dalam negeri.

Adapun struktur longspan yang ada pada LRT Jabodebek dapat dijumpai pada gelagar atau girder yang memiliki bentang panjang melebihi girder lainnya. Ukuran normal girder adalah kurang lebih 30 meter.

Tujuan membuat struktur longspan ini adalah untuk mengakomodir lokasi yang membutuhkan girder dengan panjang yang melebihi dari seharusnya. Misalnya jika suatu lintasan harus menyeberang dari satu jalan ke jalan lain, maka harus dibuat longspan sehingga tidak mengganggu jalan yang sudah ada.

Dalam pembangunan LRT Jabodebek, umumnya ukuran bentang panjang menyesuaikan dengan kebutuhan serta panjang dan lebar jalan yang ada di lokasi proyek. Contohnya, pada salah satu lintas pelayanan LRT Jabodebek tepatnya di daerah Kuningan, bentang panjang dapat mencapai 86,5-148 meter.

Bentang panjang pada salah satu lintas pelayanan ada yang membentuk melengkung, namun ada juga yang lurus dan di bawahnya terdapat kendaraan berlalu lalang di jalan raya.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini