News

Bakamla Akui Banyak Kapal Asing di Natuna Utara

MATA INDONESIA, JAKARTA – Banyak kapal asing di wilayah Laut Natuna Utara. Hal ini karena wilayah itu merupakan pintu masuk lalu lintas kapal yang melalui Selat Sunda dan Selat Malaka.

Humas Bakamla, Kolonel Wisnu Pramandita menjelaskan, makna ribuan kapal asing di perairan Natuna Utara yang disampaikan Sekretaris Utama Bakamla, Laksda S. Irawan, beberapa waktu lalu bermakna umum. Maksudnya adalah kapal-kapal tersebut memasuki perairan Indonesia tidak dalam waktu berdekatan, dan juga mencakup Laut Cina Selatan.

”Laut Natuna Utara kan berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan,” ucap Wisnu dalam keterangannya, Sabtu 18 September 2021.

Untuk menghadapi situasi di perbatasan termasuk di Laut Cina Selatan, Wisnu menegaskan Bakamla telah mengajukan rekomendasi kebijakan dan strategi kepada Kemenko Polhukam.

Dalam rekomendasi tersebut, Bakamla mengajukan rekomendasi untuk tidak hanya melibatkan aparat di wilayah perbatasan, tetapi juga pelaku ekonomi termasuk nelayan dan kegiatan eksplorasi ESDM serta penelitian.

Tak hanya itu, Wisnu menuturkan Bakamla tengah menyusun rencana aksi terkait rekomendasi kebijakan tersebut. Salah satunya dengan mendorong konsep pembentukan Nelayan Nasional Indonesia, yang bertujuan mendorong kehadiran pelaku ekonomi sekaligus mendukung kegiatan monitoring di wilayah penangkapan ikan di Laut Natuna Utara.

Sebelumnya, Kepala Bakamla Laksdya Aan Kurnia menegaskan situasi Laut Natuna Utara tetap aman. Ia juga meminta para nelayan tidak perlu khawatir dengan kehadiran kapal-kapal Cina tersebut.

Sementara itu, Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana menilai keberadaan kapal-kapal China di Laut Natuna Utara tidak melanggar hukum internasional. Sebab, meski ada Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia, tetapi kapal-kapal tersebut berada di laut lepas.

one

Berita Terbaru

Bawa 1.000 Dosis, BIN Lakukan Vaksinasi Massal di Muara Enim

MATA INDONESIA, MUARA ENIM - Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumatera Selatan atau Binda Sumsel… Selengkapnya

56 detik yang lalu

Bawa 200 Dosis, BIN Gelar Vaksinasi Door to Door untuk Tingkatkan Kepercayaan Turis Melancong ke Wakatobi

MATA INDONESIA, WAKATOBI - Badan Intelijen Negara Daerah Sulawesi Tenggara atau Binda Sultra melaksanakan vaksinasi… Selengkapnya

14 menit yang lalu

Pasar Asia Pasifik Jadi Acuan Perusahaan Logistik untuk Berkembang

MATA INDONESIA, JAKARTA-Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) terus mendorong agar perusahaan logistik mampu memperluas… Selengkapnya

22 menit yang lalu

Sasar 500 Siswa, BIN Gelar Vaksinasi Massal di Majene

MATA INDONESIA,MAJENE – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sulawesi Barat atau Binda Sulsel menggelar vaksinasi… Selengkapnya

36 menit yang lalu

BSI Jadi Penopang Industri Halal Nasional di Tanah Air

MATA INDONESIA, JAKARTA-PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk bakal menjadi penopang industri halal nasional seiring terintegrasinya… Selengkapnya

52 menit yang lalu

Semangat! Ini Deretan Film Tentang Pemuda Tanah Air yang Menginspirasi

MATA INDONESIA, JAKARTA - Hari sumpah pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober. 93 tahun lalu,… Selengkapnya

1 jam yang lalu