Bahas Pemindahan Ibu Kota RI, 500 Pakar Internasional Ngumpul di Jakarta

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Pemindahan ibu kota RI dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur ternyata telah menarik perhatian dunia, tertama para pakar dan perencana kota tersohor dengan level internasional.

Bahkan, rencananya, sekitar 500 pakar dan perencana kota, termasuk 44 walikota dari 44 negara akan hadir di Indonesia, untuk mengikuti Kongres Perencanaan Kota Sedunia (ISOCARP) ke-55.

Rencananya, kongres internasional itu akan berlangsung pada 9-13 September 2019 di Jakarta dan Bogor. Para peserta nantinya akan membahas tantangan masa depan Indonesia dan dunia, termasuk perencanaan pembangunan ibu kota baru.

Ini adalah kali pertama ISOCARP digelar di Indoneisia, bahkan Asia Tenggara. Tentu saja, sebagai sebuah kebanggaan, Presiden Joko Widodo dipastikan akan hadir membuka kongres tersebut.

Salah satu yang akan dibicarakan terkait persoalan tata ruang yang saat ini sudah mengalami tumpang tindih. Kondisi itu bisa berdampak pada konflik berkepanjangan di kemudian hari, sehingga memerlukan perhatian serius dari pemerintah agar persoalan pembangunan ruang kota tidak menghambat pertumbuhan ekonomi, investasi dan percepatan pembangunan infrastruktur.

Berita Terbaru

Antisipasi Daging Sapi Terjangkit Antraks, Pemkot Jogja Sidak Pedagang Pasar

Mata Indonesia, Gunung Kidul - Kasus antraks yang terjadi di Gunungkidul dan Sleman diantisipasi lebih cepat oleh Pemkot Jogja. Meski Kementan sudah menggerakkan jajarannya termasuk Pemkab Gunungkidul untuk memvaksinasi hewan ternak warga, antisipasi oleh pemerintah wilayah lain juga harus dilakukan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini