Bahas Laut Cina Selatan, Menlu AS Akan Berkunjung ke Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo akan melakukan lawatan ke Indonesia. Kunjungan Pompeo ke Tanah Air di tengah meningkatnya persaingan antara AS dan Cina di kawasan Asia Tenggara.

Sebelumnya Washington mengajukan permohonan kepada Indonesia untuk memberikan hak pendaratan dan pengisian bahan bakar pada pesawat pengintai P-8 yang memantau aktivitas Cina di Laut Cina Selatan –perairan yang kaya akan sumber daya alam.

Akan tetapi permohonan tersebut ditolak oleh Presiden Joko Widodo. Menurutnya, Indonesia telah lama mengikuti kebijakan luar negeri bebas aktif dan tidak pernah membiarkan Indonesia digunakan sebagai tempat persiapan operasi militer asing.

Sebagaimana diketahui, Cina mengklaim hampir seluruh wilayah Laut Cina Selatan sebagai bagian dari teritorialnya. Akan tetapi klaim tersebut ditentang oleh banyak negara, termasuk Indonesia.

“Ada masalah komersial, masalah keamanan, dan masalah diplomatic di mana Amerika Serikat telah meningkatkan hubungan antar negara. Tetapi masih banyak yang dapat kami lakukan,” kata Pompeo, melansir Reuters, Jumat, 23 Oktober 2020.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini