Badan Antariksa AS Terbangkan Drone di Mars

Baca Juga

MATA INDONESIA, WASHINGTON – Badan antariksa Amerika Serikat (AS), NASA, berhasil menerbangkan drone di Mars. Drone yang disebut Ingenuitu, mengudara selama kurang dari satu menit. NASA pun merayakan penerbangan pertama yang dikendalikan dan bertenaga oleh sebuah pesawat di dunia lain.

Konfirmasi datang melalui satelit di Mars yang mengirimkan data helikopter kembali ke Bumi. Badan antariksa AS menjanjikan penerbangan yang lebih penuh petualangan di masa mendatang.

“Kami sekarang dapat mengatakan bahwa manusia telah menerbangkan helikopter di planet lain,” kata MiMi Aung, manajer proyek Ingenuity di Laboratorium Propulsi Jet NASA di Pasadena, melansir BBC, Senin, 19 April 2021.

“Kami sudah lama membicarakan momen Wright Bersaudara di Mars, dan ini dia,” sambungnya.

Pernyataan Mimi mengacu pada Wilbur dan Orville Wright yang melakukan penerbangan pesawat bertenaga dan dikendalikan pertama di Bumi tahun 1903.

Di masa mendatang perjalanan lebih jauh akan kembali dilakukan. Demonstrasi ini sekaligus mengubah sudut pandang kita tentang menjelajahi dunia yang lebih jauh. Drone mungkin digunakan untuk mengintai penjelajah masa depan, dan bahkan astronot ketika menginjakkan kaki di Mars.

NASA telah menyetujui misi helikopter ke Titan, bulan besar Saturnus. Dragonfly, sebutan untuk misinya, akan tiba di Titan pada pertengahan tahun 2030-an.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Uji Coba Blasting Wadas Jadi Tontonan Warga yang Penasaran, Warga Sempat Khawatir

Mata Indonesia - Proses penambangan andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah memasuki babak baru. Saat ini proses akan dilakukan pengeboman (blasting) guna membongkar Bangkalan batu andesit.
- Advertisement -

Baca berita yang ini