Awas Hoax, Beredar Pesan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Beredar pesan di masyarakat melalui sosial media berisi informasi pendaftaran Kartu Prakerja gelombang ke-12 telah dibuka.

Head of Communication Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu menyatakan pesan itu adalah hoaks.  Menurut Louisa, pesan tersebut diedarkan dengan tujuan mengelabui masyarakat dan mencuri data pribadi pendaftar.  ”Satu minggu belakangan ini beredar pesan bahwa gelombang 12 program Kartu Prakerja telah dibuka. Pesan ini adalah hoaks yang bermaksud mengelabui masyarakat dan mencuri data pribadi,” ujar Louisa melalui pesan singkat, Minggu 17 Januari 2021..

Manajemen pelaksana kartu prakerja pun mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam memberikan data pribadi di situs yang tidak terkonfirmasi kebenarannya.

Dia pun menegaskan, situs resmi Kartu Prakerja adalah www.prakerja.go.id dan pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 akan diumumkan melalui media massa dan media sosial resmi Kartu Prakerja seperti Instagram serta Facebook dengan nama akun @prakerja.go.id.

Louisa memastikan pendaftaran Kartu Prekerja memang akan kembali dibuka pada 2021 ini. Sayangnya, ia belum bisa memastikan kapan pembukaan dilaksanakan. Pasalnya, PMO masih menunggu arahan langsung dari Komite Cipta Kerja.

Meski belum ada kepastian mekanisme pendaftaran tahun ini, secara umum, ada beberapa syarat wajib yang harus dipenuhi saat hendak mendaftar program Kartu Prakerja.

Pertama, calon peserta merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dengan usia minimal 18 tahun dan sedang tidak menempuh pendidikan di tingkat sekolah maupun universitas.

Kedua, calon peserta wajib mendaftar di situs resmi www.prakerja.go.id melalui laptop maupun smartphone.

Ketiga, siapkan nomor Kartu Keluarga dan nomor induk kependudukan (NIK).

Keempat, mengisi data diri dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun atau tahapan verifikasi akun.

Kelima, calon peserta perlu mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara daring, guna mengetahui kompetensi dan potensi yang dimiliki calon peserta.

Keenam, setelah selesai mengerjakan serangkaian tes, maka calon peserta hanya perlu klik tombol ‘gabung’ pada gelombang yang dibuka.

Ketujuh, calon peserta hanya perlu menunggu pengumuman melalui SMS di nomor masing-masing calon peserta yang telah terdaftar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini