Auto Haru, Baca Bocoran Pidato Nadiem Makarim Buat Hari Guru Senin Besok

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Menjelang Hari Guru Nasional Senin 25 November 2019, beredar dua lembar pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang mengagetkan serta membuat hati orang Indonesia tersentuh seperti melihat harapan bagus. Antusiasnya tanggapan netizen terutama guru sampai membuat tagar Pak Nadiem menjadi trending Sabtu 23 November 2019 pagi.

Pidato itu bukan berisi puja-puji tetapi kenyataan sehari-hari yang dihadapi guru dan murid sehingga mereka dan kita semua terjebak pada angka dan aturan kaku sebagai tolok ukur keberhasilan.

Pidato yang belum dibacakan oleh pemiliknya itu, juga berisi janji bahwa mantan pendiri Go-Jek tersebut akan membuat dunia belajar mengajar yang mengasyikkan dan memerdekan setiap anak berkreasi.

“Saya tidak akan membuat janji-janji kosong kepada Anda (guru -Red). Perubahan adalah hal yang sulit dan penuh ketidaknyamanan. Satu hal yang pasti saya akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia,” ujar Nadiem dalam pidato itu.

Namun dia ingin hal tersebut dimulai dari guru dan murid di setiap sekolah. Dia minta seluruh guru di Indonesia tidak perlu menunggu aba-aba untuk membuat perubahan.

Nadiem ingin mereka memulainya di tempat masing-masing mulai sekarang dengan cara;

– Mengajak kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar.

– Memberikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di ruang kelas.

– Cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas.

– Temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri.

– Tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan.

Semua hal itu, membuat netizen tersentuh dan banyak yang langsung mendukung niat Nadiem dengan membuat tagar Pak Nadiem yang menjadi trending topic, Sabtu pagi.

Mr. Tian melalui akun @jembercoret misalnya mengakui isi pidato tersebut sebagai keresahannya. “😢 seluruh keresahan selama hampir 10th mengajar terwakili semua disini. Terimakasih, Pak Nadiem.”

Sementara Anindya shp melalui akun @Anindyashp ingin sekali merasakan lagi bersekolah di era Nadiem. “Jadi pengen sekolah di era mentri pendidikannya pak nadiem:((.”

Lain lagi dengan Dhita Kusuma Dewi @dhitaakadew yang merasa tersentuh hatinya membaca pidato tersebut. “Ya nangis😭 Terima kasih Pak Nadiem, tiap kalimatnya sangat amat mewakili keresahan selama ini.. .”

Hal serupa terjadi pada Regita Aulia Ramadan melalui akun @RegitaRahmanto mengaku menangis membaca pidato tersebut. “Nangis baca ini😭❤ ngeliat harapan baru dari sini, tengkyu pak Nadiem 🙏.”

ENGGAR MUHAMMAD yang mengaku sebagai pengajar melalui akun @muhammmadenggar juga merasa tersanjung dengan pidato itu. “Sbg seorg pengajar, aku tersanjung dgn pidato pak Nadiem. Terkesan jelas, lugas & berterus terang apa adanya. Trigger yg plg tpt menyadarkan & merangkul oranglain, para guru utk mau bergerak bersama, memantikkan asa, mendidik para calon pemimpin bangsa, menuju masa depan IDN 2045.”

Sementara putri wandani melalui akun @putriwandani4 sangat berharap dengan niat Nadiem tersebut Indonesia bakan semakin maju. “Dengan Bantuan Pak Nadiem Semoga Indonesia makin maju ❤ Proud of you ❤.”

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini