kementerian BUMN
Kementerian BUMN

MINEWS, JAKARTA - Nah, selain pendaftaran CPNS akan dibuka lagi tahun ini, ternyata perekrutan karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga akan digelar lho. Asyik ya, ada alternatif kalau tidak lolos tes CPNS.

Rencananya, Program Perekrutan Bersama (PBB) BUMN akan dibuka jelang akhir tahun ini. Tenang saja, banyak kok posisi yang disediakan, jangan takut kehabisan.

Berdasarkan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RAKP) 2019 ini, seperti yang disampaikan Kementerian BUMN, dibutuhkan total 11 ribu karyawan baru yang akan ditempatkan di sejumlah perusahaan pelat merah milik negara tersebut.

Sebanyak 3.310 karyawan sudah diterima melalui PBB gelombang pertama. Artinya, masih tersedia sebanyak 7.690 posisi yang dibutuhkan lagi.

Namun kemungkinan angka riilnya berubah karena masing-masing BUMN ada yang sudah melakukan rekrutmen menggunakan mekanisme lain. Tapi pada dasarnya kebutuhan BUMN belum mencapai target sehingga rekrutmen bersama akan kembali dibuka.

Apalagi, Menteri BUMN Rini Soemarno sebelumnya pernah berkata, ia menginginkan agar perusahaan negara diisi hingga 50 ribu karyawan baru dalam beberapa tahun ke depan.

“Saya harap tahun-tahun ke depan kita sudah bisa rekrut 50 ribu, sehingga untuk melakukan itu BUMN-nya harus naik 10 kali lipat,” kata Menteri Rini di Jakarta, Jumat 23 Agustus 2019 lalu.

Jadi, kalian tunggu saja ya. Selamat menunggu dan berusaha, semoga lulus.