Astronom Temukan Dua Planet Mirip Bumi, Bisa Dihuni?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Dua planet mirip Bumi disebut super earth ditemukan oleh tim astronom. Mereka menganggap planet tersebut berpotensi layak huni.

Bahkan, sebagaimana dikutip dari Science Alert, Rabu 22 Januari 2020, kedua planet mirip Bumi ini bisa menjadi kandidat sempurna mencari kehidupan di masa depan sebagai pengganti Bumi.

Kedua planet ini ditemukan menggunakan pendekatan tidak langsung bernama metode radial velocity. Mereka bernama GJ 180 d dan GJ229A c, yang masing-masing berukuran 7,5 dan 7,9 kali lipat dari besar Bumi. GJ 180 d dan GJ229A c berjarak 40 dan 19 tahun cahaya dari Bumi.

Orbit dari sekumpulan planet ini secara umum tidak potensial untuk kehidupan manusia. Pasalnya, tipe bintang tempat kumpulan planet ini berada cukup kasar dan tidak ramah terhadap sekitar karena aktivitas flare dan radiasi tinggi. Namun, hal tersebut tergantung dari seberapa jauh planet dari bintang.

GJ 180

Salah satu planet ini selalu menghadap ke bintang, sementara satu lagi berlawanan dengan cahaya bintang. GJ 180 d memiliki orbit planet selama 106 hari. Tim peneliti berpikir, planet ini berlokasi cukup jauh dari bintang Gliese 180, sehingga posisi salah satu sumbunya tidak akan berlawanan dengan cahaya bintang (tidally lock).

“GJ 180 d merupakan planet yang suhunya paling mendekati Bumi, posisinya tidak tidally lock. Dengan begitu, kemungkinan untuk menjadi pengganti Bumi dan mempertahankan kehidupan jadi makin tinggi,” kata astronom Fabo Feng dari Carnegie Institution for Science.

GJ 229A

Sementara itu, GJ 229A c memiliki periode orbit 122 hari. Namun, bintangnya yakni Gliese 229A berukuran lebih besar dibandingkan Gliese 180. Selain itu, planet ini mungkin berlawanan dengan arah bintang.

Menariknya, Gliese 229A berada dalam sistem biner, dengan sebuah brown dwarf bernama Gliese 229B. Keduanya terbentuk seperti bintang, dengan material gumpalan gas.

GJ 229A c kini resmi merupakan super-Earth yang beriklim paling mirip dengan Bumi. Planet ini menjadi kandidat yang sangat baik untuk mempelajari bagaimana planet bisa terbentuk dan berevolusi.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini