Asteroid melintasi Bumi
Asteroid melintasi Bumi

MATA INDONESIA, JAKARTA-Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengungkap bahwa ada sebuah asteroid sebesar bus bakal mendekati Bumi, hari ini, Kamis 24 September 2020.

Asteroid dengan nama 20202 SW yang diperkirakan berdiameter antara 15-30 kaki itu akan melewati permukaan planet bumi dengan jarak sekitar 13.000 mil. Ini jatuh jauh di bawah orbit satelit cuaca geostasioner kita yang terletak sekitar 22.000 mil di atas permukaan bumi.

Titik terdekatnya ke bumi akan terjadi sekitar pukul 7:12 AM ET pada hari Kamis atau 18.12 WIB Kamis, saat ia mengitari Samudra Pasifik Tenggara, dekat Australia dan Selandia Baru.

Posisi asteroid itu sangat dekat dengan bumi, sehingga gravitasi bakal mengubah kecepatan dan lintasannya menurut earthsky.org.

“Ada sejumlah besar asteroid kecil seperti ini, dan beberapa di antaranya mendekati planet kita sedekat ini beberapa kali setiap tahun,” kata Paul Chodas, direktur Center for Near-Earth Object Studies (CNEOS) di NASA’s Jet. Laboratorium Propulsi di California Selatan.

Untungnya, asteroid tidak berada pada lintasan tumbukan dengan bumi, dan jika demikian, atmosfer kita kemungkinan besar menghancurkannya, menciptakan meteor yang terang, yang dikenal sebagai bola api.

Menurut NASA, kemungkinan ada ratusan juta asteroid dekat bumi yang ukurannya serupa dengan asteroid 2020 SW, membuat mereka sangat sulit ditemukan sampai mereka sangat dekat dengan bumi.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here