Asteroid Ini akan Hantam Atmosfer 2084, Bumi Kiamat?

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Badan Antariksa Eropa (ESA) menemukan pergerakan asteroid berbahaya yang diperkirakan akan menghantam atmosfer bumi pada 2084. Asteroid ini adalah salah satu dari daftar benda angkasa berisiko yang telah dicatat berpotensi menubruk planet kita.

Mengutip Sputnik News, Jumat 11 Oktober 2019, ESA menamai asteroid ini ‘2019 SU3’. Benda angkasa ini menurut para astronom memiliki peluang 1:52 untuk menabrak bumi yang diperkirakan terjadi pada September 2084.

2019 SU3 diperkirakan berdiameter 46 kaki, lebih kecil dari meteorit yang menabrak Chelyabinsk Rusia pada 2013.

Namun, para astronom ESA berpendapat, bahwa hantaman asteroid ini tak cukup besar. Artinya, saat menubruk bumi, dampaknya tak begitu terasa, sehingga negara-negara kuat tidak perlu khawatir, apalagi sampai menyiapkan nuklir untuk menghancurkannya.

ESA memperkirakan, asteroid akan melewati Bumi sekitar 73.435 mil, jauh di dalam orbit Bulan (239.000 mil). Karena itu, tarikan gravitasi sekecil apa pun dari planet lain dapat menerbangkan partikel 2019 SU3 langsung ke atmosfer Bumi.

Karena itulah asteroid dimasukkan ke dalam Daftar Risiko ESA sehingga para ahli dapat mengawasi pergerakannya.

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini